Senin, 20 Mei 2013

Apa itu arus AC dan DC?

Banyak orang yang bingung mengenai apa sih itu arus listrik, terus kok ada AC dan DC, pdhal kita ga bisa liat arus listrik itu yang kayak gimana, lha kok bisa tau arus listrik itu searah atau bolak-balik. Nah, pada postingan kali ini ane bakalan bahas mengenai apa sih itu arus listrik dan jenisnya, yaitu arus AC dan DC.  Disini ane bakal jelasin dalam pemahaman yang ringan buat orang awam bukan bahasa elektro, jadinya mudah dimengerti. Nah langsung aje cekidot gan.

ARUS LISTRIK
Arus listrik sejatinya adalah muatan listrik dari sumber listrik yang mengalir melalui penghantar. Arus listrik mengalir dari tempat yang bermuatan banyak (kutub positif) ketempat yang bermuatan sedikit (kutub negatif). Nah, arus listrik ini sebenarnya terjadi karena adanya aliran atau pergerakan  elektron, dimana setiap elektron mempunyai muatan yang besarnya sama. Elektron-elektron tersebut  mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. Arus listrik dapat diukur dalam satuan Coulomb/detik atau Ampere.
Arus DC ( Direct Curren )
Arus DC atau kepanjangan dari Direct Curren adalah merupakan arus searah dimana arus ini harus benar-benar searah dan memiliki kutup positif dan negatif atau lebih dikenal lagi plush minusnya simbul + dan simbul -, Arus CD disini benar-benar sudah disearahkan dengan menggukanan rangkaian penyearah seperti adaftor, fungsi penyearah disini dipakai untuk komponen-komponen elektronika seperti: IC, Resistor, Capasitor, Transistor dan lainnyanya yang semuanya itu menggunakan arus searah.
Diagram fasor arus DC
Arus AC (Alternating Current)
Arus AC atau kepanjangan dari Alternating Curren adalah arus yang sipatnya mempunya dua arah atau lebih di kenal dengan sebutan arus bolak-balik yang tidak memiliki sisi negatif, dan hanya mempunya ground (bumi). Arus AC biasa di gunakan untuk tegangan listrik PLN sebesar misalnya 220 Volt 50 hezh. ini adalah tegangan standard untuk Indonesia, beda halnya dengan standard Tegangan untuk Negara lainnya. oleh karena itu belum tentu elektronika-elektronka yang ada di indonesia dapat di operasikan di negara lain, seperti misalnya TV buatan indonesia untuk di konsusmsi di Indonesia nah kali kita bawa ke negara lain belum tentu bisa di operasikan, di karnakan beda untuk tegangan jala-jala listriknya.
Arus AC ini biasanya di dapat dari generator listrik dimana generator listrik ini dapat di operasikan melalu beberapa cara untuk menggerakkannya, seperti PLTU (PEmbangkit Listrik Tenaga UAp), PLTG ( Pembangkit Listrik Tenaga Gas) dan lainnya-lainnya. banyak hal yang dapat kita gunakan untuk menggerakkan Generator listrik sebagai media untuk penggeraknya, misalnya saja kita bisa memanfaatkan aliran air di sungai, ataupun aliran air terjun dan sebagainya. Nah dari generator listrik inilah nantinya tegangan-tegangan yang di hasilkan akan kecilkan lagi yang umumnya menggunakan trafo pembagi tegangan. kalo kamu pernah liat di tiang-tiang listrik ada terdapat beberapa trafo, nah trafo inilah yang nantinya menghasilkan tegangan standard 220 Volt. yang dapat di konsumsi oleh kita dan peralatan elektronika lainnya.
Diagram Fasor arus AC


6 komentar:

Unknown mengatakan...

thank you for your very useful information

Unknown mengatakan...

Tanks for information

7haponi mengatakan...

dan ternyata barang eletronik itu lebih hemat energi menggunakan arus AC yah, seperti halnya teknologi inverter yang mengubah arus dc menjadi ac. AC Daikin Inverter di rumah saya contohnya, konsumsi listriknya lebih hemat dibandingkan pakai AC jenis standar.

Anonim mengatakan...

EN SON ÇIKAN PERDE MODELLERİ
Mobil Onay
mobil ödeme bozdurma
nftnasilalinir.com
Ankara evden eve nakliyat
TRAFİK SİGORTASI
Dedektor
Site kurma
ask romanlari

Anonim mengatakan...

smm panel
Smm panel
https://isilanlariblog.com
İnstagram takipçi satın al
hırdavat
Beyazesyateknikservisi.com.tr
SERVİS
tiktok jeton hilesi

Anonim mengatakan...

üsküdar lg klima servisi
üsküdar daikin klima servisi
pendik beko klima servisi
tuzla daikin klima servisi
ataşehir beko klima servisi
kadıköy lg klima servisi
maltepe alarko carrier klima servisi
kadıköy alarko carrier klima servisi
maltepe daikin klima servisi

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Template Information

Copyright © 2012. catatan sebelum wisuda - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz